Laman

Rabu, 18 Juli 2012

Cara Pembuatan Susu Kedelai

 (Tugas Teknologi Informasi)

Alat:                                                   
  1. Blender
  2. Saringan
  3. Gelas
  4. Mangkuk
  5. Sendok
  6. Panci dll
Bahan:
1.   Kacang kedelai
2.   Air
3.   Daun pandan
4.   Garam
5.   Gula
6.   Hiasan (Coklat,Strawberry dll)

Berikut cara membuat susu kedelai :


  1. Pilihlah biji kedelai yang bagus kwalitasnya ( pisahkan jika ada kerikil atau kotoran lain )
  2. Cuci kedelai hingga bersih
  3. Selanjutnya kedelai direndam selama ± 8 - 10 jam dengan air yang dimasak hingga mendidih, tujuannya untuk menghilangkan rasa langu.
  4. Setelah kedelai direndam 10 jam, selanjutnya dicuci sambil diremas-remas agar kulit ari-nya terkelupas, (pastikan kulit ari kedelai 99,99% terkelupas agar nantinya tidak terdapat rasa pahit).
  5. Kedelai ditiriskan kemudian digiling / blender dengan ditambahkan air mendidih secukupnya sampai halus.
  6. Kedelai yang sudah selesai digiling / blander lalu dimasukkan kedalam panci dan campurkan air matang (perbandingan 1 : 10).
  7. Kedelai yang telah diberi air matang kemudian disaring dengan kain kassa, usahakan pilih kain kassa yang paling lembut, agar ampas kedelai tidak lolos dari saringan tersebut).
  8. Setelah selesai disaring sari kedelai tersebut siap untuk di rebus dengan api kecil sambil diaduk hingga mendidih, (sebelumnya masukan daun pandan agar aromanya wangi, garam dan vanili secukupnya serta gula agar rasanya manis).
  9. Tuangkan dalam secangkir gelas, lalu siap untuk di hidangkan.

Manfaat Susu Kedelai
Susu kedelai yang memiliki kandungan gizi yang tinggi memiliki berbagai macam manfaat. Khasiat susu kedelai di antaranya adalah :
  • Susu kedelai untuk ibu hamil sangatlah banyak manfaatnya. Susu kedelai banyak mengandung zat protein yang baik untuk pertumbuhan janin. Selain itu, susu kedelai mengandung asam folat yang dibutuhkan oleh ibu hamil dan juga berbagai vitamin di antaranya vitamin A, B, B1, B12 dan vitamin E. Walau demikian, untuk ibu hamil sebaiknya juga jangan berlebihan dalam mengkonsumsi susu kedelai.
  • Susu kedelai dapat mencegah stroke. Magnesium dan kalsium pada susu kedelai dapat mengurangi lipid dan memperbaiki aliran darah pada otak sehingga secara efektif mencegah terjadinya infarksi dan pendarahan otak. Lecitin dalam susu kedelai juga dapat mengurangi kematian sel otak serta memperbaiki fungsi otak.
  • Susu kedelai juga berkhasiat untuk mencegah diabetes. Susu kedelai mengandung selulosa dalam jumlah besar sehingga dapat mencegah penyerapan gula secara berlebihan. Mengurangi kadar gula dapat mencegah diabetes. Walau demikian, untuk penderita diabetes yang hendak mengkonsumsi susu kedelai tetap harus memperhatikan jumlah gula pada susu kedelai. Biasanya, susu kedelai juga ditambahkan gula agar rasanya enak dan gurih.
  • Susu Kedelai merupakan sumber mineral, selenium, Vitamin E, Isoflavon, dan Asam Amino Triptopan. Zat tersebut merupakan anti oksidan yang dapat mengatasi paparan radikal bebas pemicu kanker. Selain Selenium, anti-oksidan pada Susu Kedelai adalah Vitamin E dan Genistein, yang secara sinergis mampu menghalau kanker. Menurut sebuah survei, resiko terkena kanker untuk orang yang tidak meminum susu kedelai adalah 50% lebih tinggi.
  • Susu kedelai juga bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung koroner. Steroid, kalium, magnesium dan kalsium dalam susu kedelai dapat memperkuat dan meningkatkan aliran darah, meningkatkan nutrisi ke otot jantung, dan menurunkan kolesterol.



 (Tugas Teknologi Informasi, Di buat oleh Irni Nurjannah dan Rizka Trie Wulandari)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar